google search

Kisah bapak tua yang jujur dan Raja bijaksana

>> Sunday 14 June 2009

Maukah kalian kuceritakan sebuah kisah??baiklah.. aku akan memulai kisah ini dan bacalah dengan mata dan hatimu. Di sebuah negeri yang sangat jauuuuuh sekali, tinggallah seorang bapak tua besera istrinya yang sangat miskin. Mata pencaharian bapak tua itu adalah sebagai pencari kayu dan istrinya hanya ibu rumah tangga biasa yang bertugas menjaga rumahnya yang reot dan rapuh, memasak makanan meskipun terkadang hanya lembaran - lembaran daun yang di petik di sekitar pekarangan ataupun mencari dengan susah payah di dalam hutan. Bapak tua mempunyai sebuah benda yang sangat ia sayangi, selalu ia rawat meskipun benda itu pegangannya sering lapuk dimakan rayap dan usianya mungkin lebih tua dari usia bapak tua itu tapi itu tidak mengurangi rasa sayang yang ia berikan, benda apakah itu??? ya..betul..dia adalah sebuah " kapak", kapak yang selalu dibawa oleh bapak tua itu ke mana saja karena itu adalah barang yang paling berharga buat keluarga mereka.
Pada suatu hari..bapak tua itu melakukan tugas rutinnya untuk mencari kayu ke dalam hutan, perjalanannya saat ini lumayan sulit karena ia akan melewati sebuah sungai tapi sungai itu tidaklah terlalu dalam. Saat ia tiba di sebuah sungai maka iapun menyeberangi sungai itu dengan sebuah perahu pinjaman dari orang di sekitar sungai itu.
Dalam perjalanan menuju sebuah pulau yang terdapat hutan-hutan, tiba - tiba kapal kecil itu oleng karena tidak seimbang yang akhirnya berakibat kapak kesayangan bapak tua itu jatuh ke dalam air, apa yang terjadi??? bapak tua itu menangis, sedih yang mendalam karena satu - satunya alat untuk ia dan istrinya bertahan hidup selama ini jatuh...hilang, ia ingin terjun ke dalam sungai itu tapi apa daya ..fisik yang tidak sekuat dulu memaksa ia untuk berfikir matang-matang agar ia tidak terjun ke dalam sungai itu.
Akhirnya iapun sampai ke pulau tujuannya..tapi di sana ia hanya diam terpaku..nian malang nasibku pikirnya. Tiba - tiba..........ia mendengar langkah - langkah kuda yang menuju dirinya, bapak tua itu ketakutan, siapakah itu??? datanglah sesosok kuda dan pengendaranya yang berwibawa memakai jubah nan indah di pandang mata, ya...sesosok orang itu adalah Raja yang pada saat itu sedang berburu bersama prajuritnya. Kemudia Raja itu berkata :"Wahai bapak tua, apa yang sedang kamu lakukan di sini dan mengapa kamu bersedih hati??". Bapak tua itupun menjawab :" raja..a...a..aku ingin mencari kayu tapi kapak yang kupakai untuk menebang pohon jatuh ke dalam sungai sedangkan itu adalah kapak satu - satunya yang kupakai untuk mencari nafkah. Lalu sang raja memanggil salah satu prajuritnya untuk segera menyelam mencari kapak bapak tua itu...( to be continued)


0 comments:

Recent Comments

Latest comments

Popular blog posts

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP