google search

Kebiasaan ... Zona Nyaman atau Perlu Diubah??

>> Thursday 20 February 2020

Baru bisa buat tugas hari ini meskipun sudah terlewat beberapa pekan karena laptop masuk bengkel sampai sekarang belum dapat kabar berita, cukup pinjam laptop suami ( eh...suami juga minjam kantor heee ) supaya bisa posting SHSK Pejuang Literasi.

Hari ini aku mau membahas tentang kebiasaan. Menurut kalian kebiasaan itu zona nyaman yang harus stay dalam kehidupan atau perlu di ubah? (kebiasaan disini dalam arti kebiasaan kurang baik seperti malas, suka berhutang, suka ngebully, dan lain-lain). 

Okeh coba kita bahas dulu kebiasaan itu apa .

Definisi kebiasaan adalah : “pola perilaku yang diperoleh karena sering terjadi pengulangan atau paparan fisiologis yang menunjukkan dirinya dalam keteraturan atau peningkatan fasilitas kinerja” (Merriam-Webster). Kesimpulannya, kebiasaan terbentuk hanya dengan pengulangan.

Contoh kecil adalah ketika ada orang yang mempunyai kebiasaan berhutang maka orang tersebut akan selalu merasa kekurangan dan untuk menutupi kekurangannya maka terus berhutang atau ada yang punya kebiasaan shopping tas, maka akan shopping tas mulu padahal tasnya di lemari sudah bejibun. Nah kan, kalo sudah merasa dalam zona nyaman maka akan dilakukan secara berulang-ulang.

Penelitian menunjukkan bahwa semakin sering kebiasaan itu dilakukan, semakin sulit untuk anda berubah.
Jadi, bisa dirubah apa gak sih kebiasaan buruk itu??
Jangan sedih dan gundah gulana wahai anak adam ( sok banget gue ). Manusia itu memiliki kemampuan untuk berubah. Dan manusia menjadi mudah beradaptasi dengan setiap perubahan hanya dengan mengganti kebiasaan pikiran lama dengan  pikiran yang baru dan lebih baik.
Jadi ... kita harus yakinkan pada diri kita terutama kamu wahai anak-anak adam bahwa manusia tidak benar-benar memiliki ketidakmampuan untuk berubah. Melainkan manusia adalah tuan perubahan, karena mereka dapat mengontrol kebiasaan mereka. Memang sifatnya tidak instan, akan butuh waktu lama untuk menyesuaikan dengan perubahan kebiasaan yang baru, jadi butuh kesabaran guys.
“Kebiasaan yang butuh waktu bertahun-tahun untuk dibangun, tidak hanya membutuhkan satu hari untuk mengubahnya” – Susan Powter
Yang susah itu yang gak mau berubah dan senang dengan zona nyamannya. Sebel banget karena sudah dikasih tips dan nasehat ya paling seminggu sudah kembali ke kebiasaan lamanya. kalo ini mah hanya doa yang bisa merubah hati mereka, karena Allah Maha membolak-balikkan hati manusia.
cukup sekian dulu yak...sudah malam mau bocan hee

#SHKS
#PejuangLiterasi

0 comments:

Recent Comments

Latest comments

Popular blog posts

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP